Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi

atasi perut kembung bayi
Perut kembung atau perut mengandung gas dapat terjadi pada semua orang. Terkadang gas yang terbentuk akan menyebabkan rasa sakit dan berbagai ketidaknyamanan terutama untuk bayi. Untungnya, ada cara yang dapat membantu meringankan penderitaan bayi anda dan bahkan mencegah perut kembung agar tidak kambuh. Bayi sering disusui, mengubah susu formula (dengan izin dokter), mengubah pola makan ibu menyusui, menjaga kebersihan botol dan memberikan bayi anda perhatian ekstra adalah cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan kenyamanan si kecil anda.

Penyebab perut kembung pada bayi.

1. Anda dan si kecil mendapatkan gas dari dua penyebab utama: dari bakteri dalam sistem pencernaan anda dan dari udara yang tertelan. Karena sistem pencernaan bayi anda sangat baru, dia sensitif terhadap perubahan dalam pola makannya - atau jika anda sedang menyusui, perubahan dalam pola makan anda.

2. Perut kembung pada bayi bisa jadi juga merupakan respon alergi terhadap bahan dalam susu formula. Menelan atau menghisap udara bisa karena beberapa sebab, termasuk salah memilih ukuran puting botol susu, mengisap botol kosong, penggunaan dot yang berlebihan atau kesulitan bernapas melalui hidung karena masalah pernapasan.

3. Teknik menyusui yang salah - menghasilkan terlalu banyak udara yang tertelan.

4. Menangis berlebihan dapat menyebabkan bayi menelan udara ke dalam sistem pencernaan mereka.

Pencegahan perut kembung pada bayi.

Jagalah kebersihan botol untuk ASI atau susu formula, dan pastikan bahwa ukuran dan bentuk puting serta lubang di dalamnya sesuai untuk usia bayi anda untuk meminimalkan menelan udara. Lepas botol susu segera setelah kosong untuk mencegah si kecil dari mengisap udara. Jika Anda sedang menyusui, pastikan apa yang anda makan siang hari selalu terpantau. Jika bayi anda mengalami perut kembung setelah anda makan jenis makanan tertentu, tunggu sampai usia bayi bertambah dewasa sebelum makan makanan itu lagi.

Bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi.

1. Tempatkan bayi dengan kepala di bahu dan perutnya bersandar depan anda. Gosok dengan lembut atau tepuk-tepuk punggungnya sampai ia bersendawa (keluarnya gas dari saluran cerna baik kerongkongan dan lambung ke mulut yang disertai adanya suara dan kadang-kadang bau). Lindungi pakaian anda dari tumpahan sendawa bayi dengan menempatkan kain di atas bahu sebelum memeluk bayi. Menggendong bayi sambil sedikit digoyang-goyang atau sambil berjalan-jalan kadang-kadang bisa menenangkan kegelisahannya. Metode lain untuk memberi rasa nyaman bayi adalah menempatkan dia tengkurap di pangkuan anda dan dengan lembut gosok punggungnya.

2. Berikan bayi secangkir teh. Teh herbal yang dibuat dengan catnip (ya, catnip) dan adas dapat diberikan kepada bayi dengan pipet. Catnip telah lama menjadi obat untuk kram dan sakit perut dan adas membantu untuk meringankan perut kembung.

Jika bayi anda sering mengalami serangan gangguan pencernaan, dia bisa mengalami kondisi yang memerlukan perhatian medis, seperti gastroesophageal reflux, alergi makanan atau kekurangan laktase sementara. Segera hubungi dokter anak anda. Dokter memiliki alat diagnostik yang dapat membantu menentukan apakah si kecil mengalami perut kembung biasa atau apakah dia memerlukan intervensi medis lebih lanjut.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Tips Agar Hamil Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger