Tips Persiapan Kehamilan Pertama

tips kehamilan pertama
Kehidupan seorang wanita tentu akan secara drastis berubah setelah ia menjadi hamil. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Timbul banyak pertanyaan yang mungkin membuat anda menjadi takut dan resah ketika pertama kali mengalami kehamilan. Jutaan ibu merasa seperti itu, tetapi ketika mereka membekali diri dengan informasi yang akurat dan pengetahuan tentang kehamilan yang cukup maka segalanya akan lebih sangat mudah. Berikut panduan bagi ibu atau calon ibu, beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika mengalami kehamilan pertama.

Berat badan seimbang

Berat badan sebelum hamil akan mempengaruhi pertambahan berat badan di masa hamil. Kelebihan berat badan dapat mengakibatkan terjadi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tingkat kesuburan menurun. Sangat disarankan, bagi calon Ibu untuk mencapai berat badan idealnya sebelum masa kehamilannya.

Dokter atau bidan yang tepat

Trimester pertama kehamilan adalah saat yang paling penting karena ini adalah waktu ketika bayi berkembang dan Anda akan mengalami apa yang dinamakan morning sickness. Anda juga akan merasa rentan dan takut. Memilih dan mengunjungi dokter atau bidan menjadi hal yang pertama mesti dilakukan dalam daftar Anda. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau dari rumah sakit setempat. Ajukan pertanyaan-pertanyaan ke dokter kandungan atau bidan agar anda tahu apakah sudah berada di jalur yang benar dalam proses kehamilan.

Lakukan Pemeriksaan kehamilan secara teratur

Memasuki usia kehamilan pertama sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara teratur. Pemeriksaan kehamilan salah satu bagian dari Antenatal Care (ANC) yang akan mencegah masalah yang terjadi selama kehamilan dan menurunkan resiko kematian pada ibu hamil. Dalam melakukan pemeriksaan kehamilan akan berbeda beda sesuai dengan usia kehamilan. Semakin tua usia kehamilan anda maka semakin sering anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan.

Mengetahui tentang kehamilan

Setelah memutuskan memilih seorang dokter atau bidan yang akan menemani hari-hari anda selama hamil, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari lebih lanjut tentang apa itu kehamilan. Banyak informasi dan panduan kehamilan tersedia di internet yang dapat Anda baca. Tapi berhati-hatilah, pilah informasi tersebut atau konfirmasi terlebih dahulu pada orang yang lebih ahli. Beberapa blog atau forum yang secara khusus membahas masalah kehamilan akan sangat membantu anda untuk mengetahui hal-hal lebih lanjut tentang masalah kehamilan. Berbicara dan diskusi dengan teman atau orang tua yang telah memiliki pengalaman dengan kehamilan juga dapat membantu.

Mengikuti kelas ibu hamil

Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran. Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu s/d 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ini ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan (Depkes RI, 2009).

Menghadiri kelas ibu hamil dapat membantu Anda merasa nyaman dengan kehamilan Anda. Pergi ke kelas ibu hamil dengan suami juga akan membantu Anda berdua untuk lebih siap saat bayi siap dilahirkan.

Berhenti merokok

Merokok dalam kehamilan meningkatkan risiko keguguran, kelahiran lahir mati, prematur dan berat lahir rendah. Hal ini memiliki efek ke masa balita dan masa selanjutnya juga, terutama dengan meningkatkan resiko penyakit pernafasan.

Menjadi orang tua bukan hal yang bisa dipelajari dalam pendidikan formal, melainkan proses seiring berjalannya waktu. Oleh karenanya, pasangan mesti menyiapkan pula kematangan mental agar tidak kaget menjalani kehidupan bersama buah hati.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Tips Agar Hamil Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger