Tanda Umum Awal Kehamilan

tanda awal kehamilan
Kehamilan adalah saat yang paling membahagiakan bagi seorang wanita karena dia akan segera menjadi seorang ibu. Lalu bagaimanakah cara memastikan kehamilan anda? Ada beberapa tanda dan gejala sederhana yang akan menunjukkan bahwa anda sedang hamil. Hal penting untuk dicermati adalah perubahan tubuh atau tanda-tanda untuk memastikan kehamilan. Namun, adakalanya setiap wanita tidak mengalami gejala yang sama seperti yang telah dialami oleh wanita lain. Gejala awal kehamilan mungkin mulai dari kram perut, yang mirip dengan nyeri haid; ini adalah tanda yang sangat umum dari kehamilan.

Berikut ini kami informasikan tanda umum awal kehamilan yang sering terjadi pada seorang wanita.

1. Pendarahan implantasi.

Flek darah dapat terjadi. Hal ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Hal ini normal dan dikenal sebagai gejala awal kehamilan. Selain itu, terlambat haid adalah tanda lain yang umum dari kehamilan. Ada banyak faktor lain untuk periode yang hilang, seperti perawatan medis, obat-obatan dan stres dll. Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau bidan jika terlambat menstruasi.

2. Mual dan muntah.

Sebagian besar wanita akan merasakan gangguan kesehatan berupa mual dan muntah terutama di waktu pagi, sehingga lebih sering disebut dengan istilah morning sickness. Tetapi ada juga yang mengalami mual bahkan saat siang dan malam. Beberapa wanita ada juga yang beruntung dan tidak mengalami gangguan yang merepotkan ini sama sekali. Tetapi tidak perlu khawatir, karena gejala mual dan muntah ini akan berhenti sendiri jika kehamilan sudah memasuki trisemester kedua atau setelah 12 minggu.

3. Payudara bengkak.

Segera lakukan tes kehamilan jika anda merasa payudara membengkak dan menjadi lembut. Gejala ini dapat muncul jauh sebelum kehamilan dikonfirmasi. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mempersiapkan diri untuk menyusui dan ini terjadi karena perubahan hormonal. Namun, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap

4. Sering buang air kecil.

Hal ini biasanya terjadi pada 13 minggu pertama kehamilan, karena pertumbuhan rahim. Jumlah darah dan cairan pada tubuh wanita hamil juga akan meningkat sehingga ginjal pun akan memproses lebih banyak cairah sehingga tidak mengherankan jika para calon ibu akan sering buang air kecil. Anda dapat berkonsultasi dokter kandungan anda tentang tanda-tanda dan gejala dan bagaimana untuk menghindari gejala yang kurang umum seperti perut kembung dan kram perut.

5. Lemah dan mudah lelah.

Di awal kehamilan, anda akan merasa mudah lelah. Rasanya anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dan dapat berlangsung hingga usia kehamilan tiga bulan. Pada trisemester kedua, kondisi tubuh anda akan pulih sehingga anda akan bertenaga kembali.

6. Naiknya temperatur basal tubuh.

Persis seperti saat terserang demam, suhu tubuh para wanita hamil akan meningkat sebagai gejala tanda-tanda kehamilan awal. Bila anda mengalami keterlambatan haid diikuti dengan gejala suhu tubuh meningkat, sebaiknya segera gunakan alat tes kehamilan karena mungkin anda sedang hamil.

7. Peka terhadap berbagai aroma.

Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat anda mual dan muntah!

Jadi setiap kali anda merasa tanda-tanda kurang lebih seperti di atas, segera lakukan tes kehamilan. Jika positif, anda harus mulai mengunjungi dokter atau bidan secara teratur karena ini adalah waktu yang sangat sulit bagi ibu dan bayi. Setiap kecelakaan dapat mengakibatkan keguguran bayi. Hal ini juga dapat membahayakan kesehatan ibu. Pada setiap kunjungan, beritahu dokter anda tentang tanda-tanda dan gejala yang dirasakan karena perubahan gejala-gejala ini dapat menunjukkan komplikasi.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Tips Agar Hamil Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger