Apa Itu Mengidam Saat Hamil?

ngidam saat hamil
Kehamilan seseorang kadang-kadang ditunjukan karena adanya fenomena mengidam. Mengidam acar dan es krim, atau kombinasi aneh lainnya dari makanan. Ada banyak teori tentang ngidam selama kehamilan, tapi sangat sulit mendapatkan alasan yang jelas, biologis atau fisiologis. Dokter biasanya setuju bahwa ngidam selama kehamilan adalah normal dan di luar fakta bahwa memanjakan hasrat yang tidak sehat bukan ide yang terbaik.

Ngidam saat hamil: asin, asam, manis, pahit, pedas, mmm ... pengennya!

Ada penelitian yang melibatkan wanita hamil untuk menentukan makanan apa dan kapan mereka sangat menginnginkannya. Di antara ngidam yang paling umum adalah asin, asam, pahit, manis dan pedas dalam berbagai tahap kehamilan, atau dalam berbagai kombinasi.

Data survei tampaknya menunjukkan bahwa, misalnya, perempuan tidak suka makanan pahit pada trimester pertama mungkin karena kepahitan bisa menandakan adanya racun yang dapat mempengaruhi fetus. Wanita hamil cenderung memiliki keinginan tinggi untuk makanan asin dan pahit seperti acar, di tahap akhir kehamilan; dan makanan manis sering diinginkan pada awal kehamilan.

Penjelasan mengidam acar dan es krim adalah bahwa tubuh wanita membutuhkan nutrisi yang spesifik. Banyak ahli mengatakan bahwa hasrat mengidam sebenarnya menunjukkan berbagai jenis defisit, vitamin dan mineral. Tubuh mencoba untuk mengkompensasinya dengan membuat makanan yang mengandung nutrisi tersebut tampak sangat menarik. Hal ini memang benar dalam kasus sindrom pica, ditunjukan oleh fakta bahwa wanit hamil ngidam atau menginginkan hal-hal yang tidak dapat dimakan seperti lumpur atau gelas.

Studi-studi lain telah membantah penjelasan ini, mengklaim bahwa ngidam kehamilan terkait dengan perubahan hormonal dalam tubuh. Teori ini didukung oleh fakta bahwa banyak wanita mendambakan makanan yang tidak biasa pada saat siklus menstruasi yang mana ditandai dengan tingkat hormon yang sangat tinggi. Namun, hal ini tidak menjelaskan mengapa ngidam berubah dari satu kehamilan ke kehamilan yang lain. Seorang wanita mungkin ingin acar dan es krim selama kehamilan pertama dan dia bisa membenci mereka pada berikutnya. Mengidam selama kehamilan dikaitkan dengan alasan fisiologis.

Wanita yang merasa pernah mengidam selama kehamilan dapat menertawakan teori ini, tetapi hubungan manusia dengan makanan sangat dipengaruhi oleh psikologi. Fungsi Backstage dari otak manusia mungkin bisa menjelaskan mengapa beberapa wanita hamil ngiler membayangkan makan beberapa kerupuk pedas, sementara yang lain mendambakan rujak cingur.

Sandwich dengan selai dan acar ... mak nyuus!

Meskipun mengidam acar dan es krim sudah stereotip dengan ngidam kehamilan, namun hal ini sebenarnya kejadian yang cukup langka. Meskipun beberapa wanita hamil mendambakan acar, umumnya, mereka tidak mau makan dengan es krim, tapi ini tidak berarti bahwa mereka tidak ada keinginan untuk mengidam kombinasi makanan yang aneh.

Jika anda mengidam sesuatu yang bukan makanan, sebaik-baiknya berbincanglah dengan dokter untuk mendapatkan jalan penyelesaian yang terbaik.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Tips Agar Hamil Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger