5 Nutrisi Makanan Saat Hamil

makanan sehat hamil
Nutrisi selalu penting tetapi akan menjadi lebih penting lagi ketika anda sedang hamil. Ibu yang berdiet perlu menyediakan cukup energi dan nutrisi untuk dirinya sendiri serta bayi. Ini berarti bahwa wanita hamil membutuhkan diet seimbang dan bergizi. Berdiet yang seimbang berarti mengkonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang benar serta makan berbagai buah-buahan dan sayuran.

Berikut 5 nutrisi makanan yang baik dikonsumsi saat hamil:

1. Yogurt: Produk susu ini mengandung kalsium sebanyak seperti susu. Selain itu, camilan lezat ini juga dilengkapi dengan asam folat. Asam folat adalah vitamin penting bagi perkembangan otak bayi. Anehnya, yogurt juga mengandung protein. Yogurt juga sangat baik dikonsumsi bersamaan dengan semua jenis kacang-kacangan dan buah-buahan seperti mangga, yang juga makanan bergizi untuk dimakan saat hamil.

2. Sayuran seperti bayam, wortel, dan alpukat: Bayam kaya dengan asam folat, vitamin A, kalsium, dan zat besi. Bayam penuh dengan vitamin dan rasanya enak di sejumlah hidangan seperti lasagna dan salad. Wortel banyak mengandung vitamin A, yang akan mendorong pertumbuhan bayi Anda, khususnya pada mata, gigi, dan tulang. Alpukat adalah makanan yang kaya akan kandungan asam folat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Vitamin B6 adalah vitamin penting untuk anda konsumsi saat hamil karena membantu pertumbuhan jaringan dan perkembangan otak bayi serta dapat mengurangi efek morning sickness.

3. Oatmeal: Oats kaya zat besi, vitamin B, serat, dan nutrisi lainnya. Mengkonsumsi oatmeal juga membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi.

4. Susu tanpa lemak: Kalsium sangat penting untuk tubuh. Namun, selama kehamilan, tubuh menyerap hampir dua kali lebih banyak vitamin penting ini. Sayangnya, statistik menunjukkan bahwa rata-rata orang kekurangan kalsium, yang berarti bahwa asupan tambahan diperlukan selama 9 bulan kehamilan. Setiap gelas 8-ons susu tanpa lemak memberikan sekitar 30% dari jumlah asupan yang disarankan yaitu 1.000 miligram.

5. Pisang: Pisang adalah makanan yang sangat baik dikonsumsi saat hamil karena jumlah kalium yang mereka berikan. Kalium memberikan energi yang sangat berguna buat ibu hamil mengatasi kelelahan kehamilan. Apalagi pisang sangat cocok dikombinasi dengan banyak makanan lain di daftar ini, seperti oatmeal dan yoghurt.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Tips Agar Hamil Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger